Site icon Sindu.web.id

7 Distro Linux Paling Ringan dan Stabil 2022

7 Distro Linux paling ringan dan stabil 2022 merupakan update terbaru dari versi sebelumnya di tahun 2021. Ini termuat dalam daftar yang akan kami sajikan pada artikel ini. Distro linux adalah sebutan untuk sistem operasi (OS) yang dibuat dari Kernel Linux dan koleksi perangkat lunak (software) dari sistem manajemen paket, ciri khususnya adalah Utilitas GNU.

7 Distro Linux Paling Ringan dan Stabil 2022

Utilitas GNU adalah suatu sistem operasi komputer yang keseluruhan terdiri atas perangkat-perangkat lunak bebas (gratis). Nama GNU merupakan akronim berulang untuk GNU’s Not UNIX (GNU bukanlah UNIX).

Berikut adalah dafar 7 linux server distro yang ringan untuk PC kamu meskipun PC kamu memiliki spec rendah versi Sindu

 

1. Sistem Operasi Linux Ubuntu

Sistem Operasi Linux Ubuntu berasal dari filosofi negara Afrika Selatan yang memiliki arti “kemanusiaan kepada sesama”. Proyek Ubuntu resmi disponsori oleh Canonical Ltd. yang merupakan perusahaan milik pengusaha Afrika Selatan yang bernama Mark Shuttleworth.

Tujuan dibuatnya distro linux ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam filosofi Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak.

Gambar Ubuntu

Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis sistem operasi Linux, dimana distro ubuntu tersedia secara bebas alias gratis, dan mempunyai dukungan atau support baik yang berasal dari komunitas distro ubuntu maupun tenaga ahli profesional.

Top distro linux ubuntu ditawarkan dalam tiga edisi resmi yaitu: Ubuntu Desktop untuk komputer pribadi, Ubuntu Server untuk komputer server dan komputasi awan atau cloud computing, Ubuntu Core,  perangkat kecil dan robot.

Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai ubuntu dan top distro linux ubuntu, dan kamu juga bisa download Distro Linux Ubuntu, kamu bisa akses melalui artikel lengkap ubuntu.

2. Sistem Operasi Linux Mint

Sistem Operasi Linux Mint merupakan distro Linux yang berbasis Debian-Ubuntu dengan tujuan membuat sistem operasi (operating system) yang elegan, modern,  serta nyaman, kuat dan mudah dipakai.

Gambar Linux Mint

Linux Mint pertama kali dibuat oleh Clement Lefebvre, dan dikembangkan secara terus menerus oleh tim maupun komunitas yang ada di dalamnya. Linux mint ini juga menyediakan versi Debian yang diberi nama Linux Mint Debian Edition (LMDE). Salah satu ciri khusus dari Linux Mint adalah desktop Cinnamon, yang dikembangankan dengan baik oleh tim pengembang Linux Mint.

Ada banyak jenis distro linux mint yang bisa kamu baca penjelasannya serta kami sediakan link downloadnya pada artikel lengkap mengenai linux mint

3. Sistem Operasi Linux Debian

Apa itu Debian? Sistem Operasi Linux Debian adalah sistem operasi (operating system) untuk komputer yang tersusun atas paket-paket perangkat lunak (software) yang diperuntukkan sebagai perangkat lunak bebas dan terbuka dengan lisensi mayoritas GNU (General Public License) dan lisensi perangkat lunak bebas lainnya.

Gambar Linux Debian

Debian GNU/Linux berisi tools sistem operasi GNU dan kernel Linux merupakan distro Linux yang populer dan berpengaruh. Debian didistribusikan menggunakan akses ke repositori dengan ribuan paket perangkat lunak (software) yang mudah untuki instalasi dan digunakan.

Kamu pasti gak mau ketinggalan artikel penjelasan mengenai apa saja sih jenis-jenis Debian? kamu juga bisa download tuh file distronya di penjelasan lengkap mengenai Debian

4. Sistem Operasi Linux Manjaro

Sistem Operasi Linux Manjaro atau disingkat Manjaro adalah sebuah distribusi Linux yang didasarkan dari Arch Linux dengan memanfaatkan lingkungan desktop Xfce, model rilis bergulir, dan pengatur paket Pacman.

Gambar Linux Manjaro

Manjaro sendiri  mempunyai basis Arch Linux dan memiliki koleksi repositorinya sendiri. Jadi ini akan sangat ringan untuk PC kamu meskipun PC kamu memiliki spec yang rendah. Untuk download dan lebih jelasnya, kamu bisa kunjungi artikel manjaro lengkap

5. Sistem Operasi Arch Linux

Apa itu Arch Linux? Sistem Operasi Arch Linux yang dikenal juga dengan ArchLinux atau Arch adalah sebuah distro Linux untuk komputer berbasis x86_64 (64 bit) yang didesain sangat ringan dan sederhana.

Pendekatan dari desain pengembang distro Arch Linux adalah fokus pada kesederhanaan, kebenaran program dan minimalisme. Kesederhanaan diartikan dengan tidak memerlukan tambahan, modifikasi, ataupun komplikasi yang sesuai sudut pandang pengembangnya, bukan berdasarkan sudut pandang pengguna.

Gambar Arch Linux

Arch Linux merupakan distro Linux yang berbasis biner, artinya, paket-paket aplikasi itu didistribusikan ke dalam bentuk yang telah terkompilasi. Berbeda dengan Linux Gentoo yang mendistribusikan seluruh paket-paketnya ke dalam bentuk kode sumber (source code).

Ingin download distro Arch Linux? Kunjungi kumpulan halaman lengkap mengenai Arch Linux

6. Sistem Operasi MX Linux

Apa itu MX Linux? Sistem Operasi MX Linux adalah sistem operasi (operating system) berbasis Linux kelas menengah berdasarkan Debian stable serta menggunakan komponen inti antiX, dengan perangkat lunak (software) tambahan yang dibuat atau dikemas oleh komunitas MX.

Gambar MX Linux

MX Linux dikembangkan dengan tujuan usaha kerjasama antara antiX dengan komunitas MEPIS sebelumnya.

Nama MX berasal dari M yang memiliki arti MEPIS dan X yang berasal dari antiX – sebagai pengakuan dari akarnya. Tujuan komunitas MX adalah untuk menghasilkan kumpulan sistem operasi (operating system) yang dirancang guna menggabungkan desktop secara elegan dan efisien yang memiliki stabilitas tinggi dan kinerja yang solid.

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa kunjungi artikel lengkap mx linux

7. Sistem Operasi Linux OpenSUSE

Orang-orang akan bertanya apa itu openSUSE? Sistem Operasi Linux OpenSUSE adalah sebuah sistem operasi (operating system) pada komputer yang dibangun pada kernel Linux. openSUSE dikembangkan dengan cara independen dengan dukungan dari komunitas melalui Proyek openSUSE dan disponsori oleh SUSE serta sejumlah perusahaan besar lain.

Gambar openSUSE

Tujuan dari Proyek openSUSE ini adalah memperkenalkan penggunaan Linux secara luas di berbagai tempat penjuru dunia dengan menciptakan distro Linux yang stabil dan ramah pengguna (user friendly). openSUSE juga dapat digunakan sebagai sistem operasi (operating system) pada desktop dan server. Kamu bisa download dan cek penjelasan lengkapnya melalui artikel lengkap openSUSE

Demikianlah 7 Distro Linux Paling Ringan dan Stabil 2022 versi Sindu

Exit mobile version