Home » 5 Tips dan Trik Menggunakan Google Drive

5 Tips dan Trik Menggunakan Google Drive

Google Drive merupakan tempat penyimpanan cloud dari google dengan kapasitas 15GB free. Selain mudah digunakan dan user friendly, Google Drive juga sangat ringan sehingga bisa digunakan pada perangkat dengan spek minim atau biasa dikenal dengan kentang.

Banyak dari para user Google Drive tidak mengetahui trik tersembunyi yang ada di Google Drive. Maka dari itu, Sindu.web.id akan memberikan informasi mengenai 5 Tips dan Trik Menggunakan Google Drive. Langsung saja kita simak!

1. Cara Translate pdf dengan Google Drive

Pertama, kita akan membahas tentang Cara Translate pdf dengan Google Drive. Tentu banyak dari pembaca yang belum tahu mengenai trik ini. Bagaimana Cara Translate pdf dengan Google Drive? Langsung saja kita simak:

1. Masuk ke akun gmail yang ada di browser, lalu pilih Google Drive. Perhatikan gambar berikutGoogle Drive Gmail

2. Lalu kita akan diarahkan menuju halaman Google Drive, Cari tanda “+ New

Tanda Plus

3. Nanti kita akan diarahkan untuk memilih file yang akan kita terjemahkan yang berekstensi .pdf Lalu pilih saja file yang sudah kita simpang di dalam perangkat komputer kita lalu klik OpenPilih file 4. Klik kanan pada file yang telah diunggah, Open File > Google Docs

cara mengupload foto ke google drive

5. Pilih menu Tools > Translate Document, Lalu akan tersedia menu Choose language cara mendownload file di google drive

6. Pilih Indonesian. Setelah semua kita set agar terjemahan ke dalam Bahasa Indonesia, langsung saja kita tekan Translate

cara agar google drive tidak perlu izin

6. Hasilnya adalah semua file yang di pdf yang kita upload telah berubah menjadi Bahasa Indonesia

download kkn desa penari 2020 google drive

Gimana gaes, gampang kan? Lanjut ke trik yang ke dua

2. Video Tidak Dapat Diputar di Google Drive

Hambatan yang sangat kerap dirasakan oleh pengguna Google Drive yakni file video kerapkali tidak dapat dibuka bila filenya itu memakan ruang lumayan besar. Sehingga hal ini menimbulkan layanan Google Drive kerapkali tidak merespon, apalagi file tersebut tidak dapat dibuka sama sekali.

video tidak bisa diputar di google drive

Cara Mengatasi Video di Google Drive yang tidak Bisa Diputar

Oleh sebab itu, kali ini Sindu.web.id akan membagikan informasi tentang cara mengatasi video yang tidak dapat diputar di google driver, berikut tutorialnya.

  1. Buka Google Drive di Komputer.
  2. Klik titik 3 di atas kanan serta seleksi menu setting.
  3. Setelah itu scroll ke dasar serta klik menu “cookies and other site information”.
  4. Berikutnya pada menu general settings seleksi “allow all cookies”.
  5. Kemudian, reload page web Google Drive- nya.
  6. Serta terakhir putar video yang hendak diputar di google drive.
  7. Video telah dapat diputar kembali.

Sekian bimbingan metode menanggulangi video di google drive yang tidak dapat diputar mudah- mudahan bisa berguna.

3. Cara Mindahin Foto ke Google Drive

Trik ke tiga yang harus kalian tahu adalah cara mindahin foto ke Google Drive. Banyak yang gak tahu, kan? Maka dari itu, simak baik-baik ya..

cara mindahin foto ke google drive

  1. Sehabis masuk halaman utama Google Drive, Login dengan memakai akun Gmail yang kalian miliki

  2. Berikutnya kalian hendak disajikan halaman yang berisikan menu dengan kolom kecil di bagian kiri serta penyimpanan dengan kolom besar di bagian tengah Tampilan Browser Google Drive di Browser
  3. Buka Windows Explorer serta cari gambar yang hendak dipindahkan
  4. Sehabis menyeleksi gambar, hingga jalani Drag and Drop (klik kiri, tahan, geser) dengan metode menariknya dengan cursor ke Google Drive
  5. Tunggu sampai segala gambar diunggah ke Google Drive
  6. Buat membuat gambar yang dipindahkan ke Google Drive berlangsung dengan baik, yakinkan koneksi internet yang kalian pakai memiliki mutu yang baik serta normal. Sangat dianjurkan buat memakai jaringan Wi- Fi dengan koneksi yang kilat serta terpercaya.

4. Memberikan Akses Google Drive

Tidak hanya berperan selaku penyimpanan online, Google Drive pula sanggup buat memberikan( share) dokumen pada orang lain sehingga memudahkan kerja kolaboratif.

Memberikan Akses Google Drive

Fitur Google Drive buat yang dapat diakses seluruh orang( publik) ini pasti mempermudah penggunanya buat berbagi file apa juga kepada orang lain cuma lewat tautan.

Karena share dokumen ataupun file yang dicoba secara manual, terlebih penerimanya lebih dari satu orang alias regu, pasti hendak menyita waktu lama serta tidak efektif.

Fitur publik ini jauh lebih instan serta kilat. Buat bisa berbagi file dengan orang lain berapa juga anggotanya,

Supaya orang lain dapat memandang dokumen yang dibagikan, penerima butuh memperoleh tautan ke link tersebut, triknya:

1. Log in ke akun Google Drive, kemudian seleksi file yang hendak kamu ganti status permissionnya( klik kanan pada dokumen), hingga hendak timbul sebagian opsi ialah:

  • pratinjau
  • buka dengan
  • bagikan
  • miliki tautan yang dapat dibagikan, serta yang lain. Seleksi opsi “bagikan“.

2. Sejenak tampilan pada layar hendak terdapat tulisan “wait” ataupun “menunggu“, itu maksudnya lagi proses.

3. Berikutnya layar hendak menunjukkan

  • Bagikan dengan orang lain
  • Miliki tautan yang bisa dibagikan
  • Setelah itu pilih” Miliki tautan yang bisa dibagikan“.

4. Berikutnya tekan ikon semacam rantai bercorak hijau pada layar yang menunjukkan file publik, artinya ini hendak membagikan akses dokumen ataupun file buat publik

5. Akhiri dengan mengklik” Selesai

5. Kenapa Google Drive Tidak Bisa Mengupload

Terkadang kendala yang kita adalami adalah tidak bisa meng-upload file. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Kenapa Google Drive Tidak Bisa Mengupload

Cek Status 

Google Drive lumayan baik dalam perihal uptime, serta sangat tidak sering kalau layanan itu sendiri tidak berperan. Tetapi, terdapat baiknya mengecek Gram Suite Status Dashboard apakah terdapat penghentian pada Google Drive saat sebelum mengambil aksi sendiri. Bila kamu memandang kalau Google Drive lagi down, itu cuma permasalahan menunggu hingga berperan lagi.

Permasalahan Upload Video di Google Drive

Permasalahan yang universal terjalin diantara pengguna Google Drive merupakan dikala mereka mengupload video ke Google Drive, mereka tidak bisa memutarnya kembali, dengan pesan error Unable to process this video.

Walaupun tidak terdapat revisi yang tidak berubah- ubah buat mengupload video ke Google Drive tanpa timbulnya pesan ini dikala kamu berupaya memutarnya, terdapat sebagian pemecahan.

Refresh browser kamu.

Klik ikon Opsi( 3 titik) di samping file video, setelah itu klik Unduh, serta sehabis didownload, tonton video dari aplikasi pemutar video opsi kamu.

Bila kamu mempunyai Google Backup and Sync di Komputer kamu, hingga kamu bisa menelusuri video lewat File Explorer( Windows) ataupun Finder( Mac) serta membukanya lewat itu alih- alih memakai browser kamu.

Pakai browser yang berbeda. Anehnya, terkadang Chrome kerap kali teruji tidak normal apalagi dengan web serta layanan buatan Google sendiri, serta pengguna sudah memberi tahu kalau memakai Microsoft Edge baru( tipe Chromium) menuntaskan permasalahan video yang tidak diproses. Ataupun kamu bisa berupaya Safari di Mac, Firefox, ataupun browser yang lain.

Bila tidak terdapat satupun metode di atas yang berperan, mungkin videonya rusak, serta kamu bisa jadi butuh menguploadnya kembali.

Paksa Menyudahi Google Drive( Android/ iOS)

Bila kamu telah mulai mengupload, serta telah lama stuk di satu titik, terdapat mungkin besar terdapat yang tidak beres dengan upload( dengan anggapan kamu terletak di tempat dengan Internet yang normal).

Kamu bisa jadi wajib mengulang upload, serta metode terbaik buat melaksanakannya merupakan dengan merestart aplikasi Google Drive.

Buat Android

Buat melaksanakan ini di Android, buka Settings- Apps. Temukan Drive dalam catatan serta ketuk buat membukanya. Berikutnya ketuk Force Stop, setelah itu coba upload lagi.

Buat iOS

Di iOS 13, klik dobel tombol Home, usap ke kanan sampai kamu menciptakan Google Drive, usap ke atas pada jendela preview buat menutupnya, setelah itu ulangi upload kamu.

Bila kamu mempunyai iPhone tanpa tombol Home, usap layar dari tengah ataupun dasar ke atas serta tahan sampai kamu memandang pengalih aplikasi, setelah itu usap ke kanan sampai kamu menciptakan Google Drive. Geser ke atas pada jendela preview buat menutupnya.

Pada iPad tanpa tombol Home, usap layar dari dasar ke atas buat mengakses Home screen, setelah itu usap ke atas dari kanan dasar. Usap ke kanan sampai kamu menciptakan Google Drive, kemudian geser ke atas pada jendela preview buat menutupnya.

Disconnect serta Reconnect Kembali Akun Google Anda

Bila kamu sudah mendownload aplikasi Backup and Sync, terdapat sebagian perihal yang bisa kamu coba supaya file kamu diupload kembali sebagaimana mestinya.

Opsi awal merupakan disconnect serta reconnect akun Google kamu ke aplikasi. Buka Backup and Sync dengan mengklik ikon cloud- nya di zona notifikasi di pojok kanan dasar layar kamu.

Berikutnya, klik ikon menu 3 titik- Preferences- Settings- Disconnect Account.

Sehabis akun kamu disconnect, klik ikon menu Backup and Sync lagi serta masuk ke akun Google kamu. Proses sinkronisasi bisa jadi memakan waktu lumayan lama, namun permasalahan upload kamu wajib terselesaikan.

Restart/ Instal Ulang Backup and Sync

Backup and Sync merupakan nama baru buat aplikasi desktop Google Drive, yang duduk dengan tenang di zona notifikasi layar kamu( sudut kanan dasar di Windows, sudut kanan atas di OS X).

Bila kamu hadapi permasalahan, kamu bisa mengklik ikon Backup and Sync, kemudian klik ikon menu sehabis terbuka serta seleksi Quit Backup and Sync.

Buat membukanya kembali, ketik backup and sync ke dalam pencarian Windows di Start menu serta buka aplikasi desktop dari situ.

Ataupun, kamu bisa menginstal kembali Backup and Sync. Hapus instalannya dengan mengklik kanan Start menu, mengklik Apps& features, kemudian uninstall dari catatan, setelah itu Install kembali dengan mendownloadnya di mari.

Pakai jendela Private/ Incognito

Ini umumnya pemecahan awal aku buat membetulkan banyak permasalahan website, tercantum permasalahan upload ini. Jendela individu diisolasi serta tidak memakai cookie yang tersimpan yang bisa mempengaruhi penelusuran biasa kamu. Lumayan buka jendela individu di browser kamu serta masuk ke Google Drive. Sehabis itu, upload file lagi serta amati apakah itu berperan.

Tiap browser mempunyai panduan buat metode mengaktifkan fashion privat, namun melaksanakannya agak gampang. Buat Google Chrome serta Mozilla Firefox, yang wajib kamu jalani merupakan menciptakan menu browser serta memilah tombol yang hendak berkata New Incognito Window( buat Chrome) ataupun New Private Window( buat Firefox).

Kamu pula bisa membuka jendela private, pintasan Ctrl+ Shift+ N ataupun Ctrl+ Shift+ P digunakan di sebagian besar browser, walaupun kamu pula bisa secara manual membuka jendela private dari menu utama browser kamu.

Bersihkan Informasi Browser

Browser kamu menaruh cookie, cache, serta informasi lain buat memudahkan serta lebih kilat untuk kamu buat menjelajahi Website. Tetapi, terkadang informasi ini pula bisa membuat permasalahan penelusuran, semacam tidak bisa mengupload file. Kamu pula wajib lewat langkah ini bila memakai jendela private membongkar permasalahan kamu.

Aku hendak menampilkan kepada kamu metode menghapus informasi di Chrome. Bila kamu memakai browser yang berbeda, hingga cek instruksi di postingan ini.

Dari menu utama Chrome- More tools- Clear browsing informasi serta opsi hendak terbuka ataupun pintasan Ctrl+ Shift+ Del ataupun kamu pula bisa melekatkan chrome:// settings/ clearBrowserData di address bar serta tekan Enter buat langsung mengakses jendela ini.

Pakai Browser yang Berbeda

Bila pemecahan di atas tidak menolong, hingga coba pakai browser yang berbeda. Untuk aku, Opera serta Chrome berperan dengan baik, kamu bisa berupaya memakai salah satu browser ini serta memandang apakah itu membetulkan permasalahan. Tidak hanya itu, error bisa jadi terjalin sebab permasalahan sokongan sedangkan dengan browser kamu ataupun sebab browser kamu tidak menunjang Google Drive. Tetapi, yang terakhir ini tidak berlaku buat browser terkenal semacam Chrome, Firefox, Opera, Safari, Internet Explorer, serta Microsoft Edge.

Bila kamu memakai salah satu browser yang disebutkan di atas serta mengganti browser tidak membetulkan permasalahan upload, hingga coba pembaharuan browser kamu ke tipe terkini. Bila itu tidak menolong, hingga tunggu pembaharuan tipe selanjutnya yang bisa jadi membetulkan permasalahan ini.

Yakinkan Images diaktifkan

Buat sebagian alibi, Google Drive menyudahi berperan dengan baik bila foto dimatikan di browser. Kamu bisa jadi bisa memakainya buat mengedit serta memandang informasi, namun mengupload serta mendownload tidak hendak sukses. Kamu bisa mengecek postingan aku tentang menonaktifkan foto di browser kamu buat menekuni metode mengaktifkan serta menonaktifkan foto di Chrome, Firefox, serta Opera.

Apakah Ini Permasalahan Jaringan?

Bisa jadi terdapat permasalahan dengan jaringan kamu. Ini benar paling utama bila file diupload namun dibatalkan di tengah dengan kesalahan jaringan. Restart router kamu umumnya menuntaskan permasalahan ini. Bila itu kandas, coba ganti alamat IP kamu serta matikan pula firewall. Memakai VPN pula bisa mempengaruhi proses upload, jadi yakinkan VPN kamu dimatikan.

Bila kamu percaya itu merupakan jaringan yang error, hingga mereset router kamu bisa jadi memperbaikinya. Sepatutnya terdapat tombol reset( umumnya di dalam lubang) pada router kamu yang bisa kamu tekan serta tahan sepanjang 5 sampai 10 detik buat merest router.

File Bisa jadi Mempunyai Masalah

Buat mengonfirmasi ini, coba upload 3 tipe file secara terpisah serta amati apakah mereka berhasil di upload. Bila file berhasil diupload, hingga itu tentu permasalahan dengan file yang mau kamu upload. Dalam perihal itu, coba ganti nama serta format file bila membolehkan. Pula, yakinkan tidak terdapat kepribadian dalam nama file( semacam?<
/).

Bila dimensi file sangat besar( lebih dari 2 GB), cobalah membaginya serta setelah itu upload kembali. Tools semacam 7- zip bisa menolong kamu buat tugas ini.

Pemecahan di atas harusnya lumayan buat menuntaskan sebagian besar permasalahan upload di Google Drive. Kamu bisa jadi pula mau berupaya keluar dari akun Google kamu serta masuk kembali. Ini sesekali menolong aku dengan alibi yang aneh, walaupun perihal itu kemungkinannya sangat sangat jarang dengan permasalahan otentikasi dimana bisa mengusik proses upload.

Leave a Reply

Your email address will not be published.